S.36 : Soto Kadipiro Jogja yang Melegenda

Mei 06, 2019
Kota Jogja yang kerap saya sebut sebagai kota penuh rindu, memang bagai magnet menarik pesona pada semua wisatawan. Tidak saja destinasi wisatanya, budaya dan kulinernyapun tak kalah membetot perhatian. Tak percaya?
Bila suatu saat berkunjung ke Jogjakarta, jangan lewatkan  ya kuliner yang satu ini. Selain masuk dalan kuliner yang sudah lama dikenal, juga rasanya yang lezat dan maknyus. Adalah Soto Kadipiro di Bantul, Jogjakarta. Lokasi tepatnya berada di Jalan Wates no 33. Warung Soto Kadipiro ini termasuk warung soto yang tertua. Mulai buka pada tahun 1924 dan masih menempati sebuah rumah beranyam bambu kala itu.
Bpk Widadi Tahir Kartowijoyo adalah perintis dan pemilik warung Soto Kadipiro yang terkenal itu. Soto berbahan ayam kampung dengan bumbu cita rasa tinggi mampu menarik banyak pelanggan. Bumbu soto yang meresap dalam daging ayam terasa nikmat dan pas di lidah pelanggan. Tak heran setiap hari berdatangan pelanggan memenuhi semua kursi yang ada.
Disajikan dalam semangkuk berukuran sedang, Soto Kadipiro akan terasa lezat dengan lauk pelengkap. Diantaranya ati ampla, potongan ayam plus ceker, telur puyuh juga tahu dan tempe bacem. Harga satu porsi Soto Kadipiro hanya 15 rb. Terjangkau bukan?
Soto Kadipiro (dok.pribadi)
Soto Kadipiro (dok.pribadi)
Lebih terasa "Njawani" saat mengolah soto ini dimasak ditungku pawon. Berbahan bakar kayu sehingga aroma dan rasa sotonya lebih meresap. Sungguh makan Soto Kadipiro ini mengingatkan saya pada jaman dulu. 
Bangunan yang jadul dengan hiasan foto di dinding adalah foto pemilik awal beserta generasi penerus. Dan yang penting, rasa Soto Kadipiro tidak berbeda dengan jaman dulu. Tetap menjaga cita rasa yang khas dan  yang pasti melegenda.
Pokoknya kalau ke Jogja jangan lewatkan yaa bersantap pagi dan siang di Soto Kadipiro. Rasanya Maknyuzz lho, buktikan!

#setip
#setipestrilookcommunity

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »