S.28: Es Campur Tempo Dulu yang Legendaris di Malang

April 17, 2019 Add Comment
Hai makkkk...pa kabar?

Hari ini terik sekali. Panas matahari begitu menyengat. Kalau dah gitu, enaknya ngapain ya mak? Pasti banyak nih yang milih minum es yang segar. Terbayang mak nyes es yang nikmat saat menembus tenggorokan yang kering. Hmmm... es apa yang nikmat? Pilih es campur aja aahhh... Sip tuhh...
Es Campur tempo dulu Mbah Slamet (dok.pri)

Es Campur adalah minuman yang digemari  banyak orang. Isinya yang beraneka macam membuat pecintanya jatuh hati. Seperti Es Campur Tempo Dulu Mbah Slamet yang membuat pelanggannya selalu ingin dan ingin menikmatinya lagi. Yuk simak Es Campur Tempo Dulu Mbah Slamet...

Es Campur Tempo Dulu Mbah Slamet Legendaris

Ditemui di kedainya, Mbah Slamet tampak ramah menyambut setiap pelanggan. Tak heran  semakin jari pelan
Kedai es campur Mbah Slamet (dok.pri)
ggan bertambah karena pelayanan yang oke. Pria yang sudah beruban itu, memulai usaha berjualan es sejak tahun  1980. Awalnya di daerah Polehan, tepatnya di perempatan jalan Kresno, Sadewa dan Puntodewo. Namun sekarang bergeser di tempat yang tak jauh dari perempatan.

Sebelumnya pria yang berusia 70 tahun ini mengaku bekerja di pabrik permen dan makanan kecil tahun 1965. Pabrik tersebut milik pengusaha Cina. Dari bos nya itulah, Mbah Slamet mengaku mendapat ilmu tentang es campur yang nikmat dan segar.

Namun setelah resign dari pabrik permen, Mbah Slamet tak langsung berjualan es. Pria dengan lima orang anak ini kemudian bekerja di percetakan . Baru tahun 1980 Mbah Slamet memantapkan diri untuk berjualan es yang ilmunya berasal dari mantan bos nya.
Mbah Slamet (dok.pri)

Nah apa yang membuat Es Campur Mbah Slamet bertahan hingga hampir 40 tahun? Menurutnya tidak ada rahasia. Seperti es campur lainnya isinya beraneka macam seperti cing cau, dawet,  kolang kaling, blewah dan alpukat kalau pas musim. Semua bahan dicampur dengan gula putih yang dicairkan, susu dan serutan es batu.
Bahan es campur (dok.pri)

Gula murni yang dicairkan dengan cara dimasak dengan sedikit air, kata Mbah Slamet, tidak asal dimasak. Tapi ada cara dan tehniknya sehingga gula tersebut terasa bukan hanya manis saja tapi "sedep". Ini yang membedakan es campurnya dengan yang lainnya. Ternyata rahasianya ada pada cara memasak gulanya.

Laris, Es Campur Tempo Dulu Mbah Slamet 

Dalam sehari Mbah Slamet mengaku melayani antara 100 hingga 300 porsi es campur. Harga satu porsi disajikan biasanya dalam mangkok, dibandrol Rp 7000. Namun jika pelanggan minat tambahan roti harga menjadi Rp 8000. Wahh harganya cukup terjangkau kan?

Pelanggannya tidak hanya dari warga sekitar Polehan saja, tetapi ada yang dari Kabupaten Malang seperti Turen, Dampit dan Singosari. Menurut Wati, salah satu pelanggan es campur Mbah Slamet, sejak dia kecil sering membeli es campur Tempo Dulu itu.
Mbah Slamet (dok.pri)

Bagi Mbah Slamet menjaga rasa dan kualitas adalah nomor satu. Jangan sampai mengurangi takaran yang sudah semestinya juga menggunakan bahan pilihan. Misalkan saat membubuhi gula dan susu seberapa banyak, itu ada ukurannya. "Selalu menjaga rasa itu yang penting, selain pelayanan yang ramah pada pelanggan", ujar Mbah Slamet saat ditanya tips agar usahanya langgeng.

Kini diusia senjanya, Mbah Slamet berharap putra bungsunya bisa melanjutkan usaha es campurnya. Tidak muluk-muluk impian Mbah Slamet hanya berharap Agus, putranya bisa menjadi generasi kedua jika suatu saat dirinya pensiun. Wah Mbah Slamet sangat perhatian dengan kelanjutan bisnis jualan es campurnya.

Mbah Slamet bersama pelanggannya (dok.pri)

Menurutnya, es campurnya sudah berusia hampir 40 tahun. Sudah selayaknya dijaga agar bisa bertahan selamanya dan menjadi warisan keluarganya. Karena putra bungsunya diberi "bekal" dan diturunkan ilmu tentang es campurnya. Bahkan sekarang putranya sudah mengantikan dirinya untuk berjualan. 

Kalau Mbah Slamet berjualan pagi hari hingga pukul 13.00, putranya menjaga kedai es campurnya setelah dirinya istirahat dan sholat. Begitulah tekad Mbah Slamet untuk bertahan agar bisnisnya bisa diteruskan oleh sang putra.

Makk... suka nggak es campur? Boleh mampir ke kedai es campur Tempo Dulu Mbah Slamet. Rasa es nya segar apalagi bila dinikmati saat panas terik. Mau? Sila ke jalan Puntodewo dekat perempatan Sadewa - Kresno dekat tugu SInga Arema. Yukkkk...

#setip
#setipestrilookcommunity

 













S.27: Nenasz Cookies, Kue Kering Sehat yang Selalu Nikmat

April 16, 2019 1 Comment
Assalamualaikum....haii semua..

Ketemu lagi ya sist, mak, pa kabar? Oya mau nanya nih, pernah gak pas nglembur nulis, pengen banget ngemil? Ngemil apapun yang penting bisa dikunyah. Eits...bener kan mengunyah cemilan? Trus jadi sok takut melar gitu, secara cemal cemilnya malam hari. Demi tulisan yang dah meped jadwal? Kalau saya sih oke-oke aja buat nyemal-nyemil....#hajar bleh...hehe...
Nenasz Cookies (dok.Nenasz)

Bener saja tak lama saat di depan cermin, tuh pipi udah kayak bakpao, wajah bulat dan ahhh sudahlah biar saya aja yang tahu, hehe... Tapi pastinya gak mungkin bisa disembunyikan tuh apa yang terlihat bulat-bulat. Jadinya pasrah aja deh. Malah saat nangkring di timbangan, jarumnya makin ke kanan. Artinya? Oh noooo..

Tapi rasa kuatir banyak ngemil jadi lebar dan berat, kini tak menghantui saya. Tepatnya  sejak di WAG ada produk home made kue kering yang unyu-unyu penampakannya. Gemes soalnya bentuknya lucu-lucu dan imut. Bahannya sehat dan tentu saja rasanya lumer di lidah. Kukis apa tuh? Namanya Nenasz Cookies. Yuk pantengin si doski ini yang bikin hati lesengsem.

Apa itu Nenasz Cookies?

Pertama tahu nama Nenasz Cookies ya di WAG. Suatu saat yang ada posting picturenya. Waaww lihat bentuknya yang beragam saya jadi exicted banget. Apalagi menurut owner Nenasz Cookies, Nena Mutmainah, kue kering yang diproduksinya sehat dan tidak membuat badan jadi nduutt. Hihi...ahh massa? #perlu dicoba nih..

Nenasz Cookies adalah kukis berbahan dasar sehat. Kenapa dikatakan sehat?  Ini alasannya:

1. Menggunakan tepung Mocaf

Mocaf (Modofied Cassava Flour) adalah tepung berbahan singkong atau ubi kayu sebagai pengganti tepung terigu. Pembuatan tepung mocaf dengan cara memodifikasi dengan tehnik fermentasi menggunakan mikrobia.

Tepung Mocaf memiliki kandungan nutrisi sangat baik,  antara lain :
a. Salybie fiber
b. Karbohidrat
c. Kalium
d. Fosfor
e. Protein
f.  Glukosa
g. Oligasakarida
h. Fitoestrogen

Selain tepung Mocaf bermanfaat untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Tepung Mokaf mampu meregerasi sel kulit,  melancarkan pencernaan,  mencegah menopouse dini.

2. Menggunakan Rumput Laut Merah

Rumput Laut Merah atau Red Seaweed adakah tumbuhan laut yang rendah kalori dan kayaserat. Sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaatnya antara lain:
a. Mempertahankan berat badan
b. Mempercepat penyembuhan luka
c. Meningkatkan energi
d. Bagus untuk mencegah diabetes dan kolesterol
e. Menguatkan tulang dan gigi

3. Margarine yang rendah lemak
Berbahan margatine yang tak membuat tubuh jadi gemuk.

4. Rendah Glutten
Yakni yang mengandung zat yang kaya serat sehingga bisa meneksn kolesterol. Selain itu bisa menahan penyerapan lemak dan gula serta prebiotik.

Nah mak sudah tahu kan kenapa Nenasz Cookies jadi cemilan yang sehat? Makanya saya jadi gak ragu deh nyemil kukis produk dari Bandung ini.

Ragam Produk Nenasz Cookies

Nenasz Cookies ternyata sudah lama lho eksistensinya. Sudah sembilan tahun, diproduksi sejak tahun 2010. Awalnya owner Nena punya hobi memasak. Namun seiring berkembangnya waktu passionnya lebih ke hobi membuat kue kering. Nah apalagi melihat peluang bisnis yang semakin luas, akhirnya Nena fokus mengembangkan bisnis ini dengan mengajak serta ibu-ibu disekitar tempat tinggalnya.

Kini Nenasz Cookies memproduksi banyak ragam kukis kering. Ada sekitar puluhan jenis diantaranya:


(dok. Nenasz Cookies)

(dok.Nenasz Cookies)

(dok.Nenasz Cookied)
(dok.Nenasz Cookies)


Wuihhh banyak ya macamnya dan cantik penampilannya. Yang picture di atas hsnya sebagian aja. Jadi pengen ngborong deh buat persiapan lebaran nanti. Hehe.. Lha harganya gimana ya?  Kalau lihat harganya sih relatif terjangkau..ya tergantung jenis kue keringnya. Ini ni list harga Nenasz Cookiesnya:
Harga kuket (dok.Nenasz Cookies)

Untuk persiapan lebaran Nenasz Cookies tentu jauh hari sudah mempersiapkannya. Menurut Nena ada beberapa paket lebaran dari Nenasz Cookies. Antara lain...
Paket istimewa di hari istimewa (dok. Nenasz)

Nah Nenasz Cookies juga memproduksi kue kering yang bahannya bukan dari mocaf tapi dari terigu dan menamakan produknya Kanira. Juga ada untuk paket lebaran. Seperti ini ni...

Produk Kanira (dok.Nenasz)

Produk Nenasz Cookies memiliki tagline stay healty, stay delish dan stay Nenas. Tak berlebihan sih, sebab dari bahan-bahannya kue kering ini bahsn yang sehat. Ya seperti yang sudah saya tulis diatas. Juga kuker nya enak, nikmat juga renyah
 Sehingga tak heran banyak pelanggannya. So tetep memilih Nenasz Cookies sebagai cemilan sehat.

Membuka Peluang Bisnis untuk Reseller

Nah mak...ada peluang bisnis nih yang ditawarkan oleh Nenasz Cookies. Mak yang minat bisa menjadi reseller untuk menjualkan produk Nenasz. Untuk menjadi reseller ada syaratnya lho ...

RESELLER
Syarat untuk jadi reseller Sangat mudah, cukup dengan melakukan Pembelian 3 toples, dan mengisi formulir pendaftaran, sudah berhak menjadi reseller dan selanjutnya mendapatkan diskon 10% untuk pembelian berikutnya.

PROMO RESELLER 2019
Cukup melakukan pembayaran se Rp 100rb sudah berhak menjadi reseller Dan mendapatkan free 1toples nenasz assorted Plus mini  toples tester kanira cookies yang bisa dipergunakan untuk tester.

Kira-kira mak minat gak ya? Lumayan lho apalagi saat puasa nanti pasti banyak yang membutuhkan kue kering. Jangan ragu mak kan bahan kukis dan harga juga dijamin sehat serta harga terjangkau. Yukkk..

Nenasz Cookies
www.nenaszcookies.com
FB Nenaszcookies
IG nenaszcookiesindonesia
Hp 085956686990

#Setip
#Setipestrilookcommunity

S.26: Lima Hal yang Harus Orang Tua Lakukan Saat Anak Ujian Sekolah

April 10, 2019 4 Comments
Halo semua...Khususnya emak yang tengah rempong atau lagi dag dig dug derrrrr...Semoga harinya indah dan gak galau yahh....

Lho kenapa kok begitu? Ya emak yang sekarang tengah galau saat putra putrinya menghadapi Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Kenapa emak yang susah tidur sementara sang anak yang akan menghadapi ujian seperti tampak santai dan tak gugup?
(dok.istimewa)

Begitulah, sayapun kini merasakan galau karena anak bungsu saya kelas VI dan bersiap menghadapi ujian. Wah jadi ingat dulu orang tua saya juga galau dan gelisah. Merasa kuatir dengan putrinya tidak lulus ujian atau lulus dengan nilai pas-pasan. Saya ingat betul betapa kedua orang tua saya saat itu berusaha yang terbaik untuk hasil yang maksimal.

Memang ada ya andil ortu untuk keberhasilan anak dalam pencapaian hasil US dan USBK? Ya jelas dong, tanpa dukungan dan motivasi serta perhatian orang tua serta keluarga, pastinya hasilnya gak maksimal. Betul kan mak?

Ujian Sekolah  dan Ujian Sekolah Berbasis Komputer, Apa Tuh ya?

Setiap jenjang pendidikan pasti ada fase Ujian Sekolah setelah proses belajar sekian tahun. Seperti anak SD misalnya setelah 6 tahun mengikuti proses belajar, akan menghadapi ujian sekolah untuk pendidikan berikutnya.

Nah sekolah jaman now menurut saya dari tahun ke tahun tentang kurikulum juga istilah-istilah pendidikan berubah-ubah. Saya sih gak akan bahas kurikulum, tapi sepintas aja bahwa kadang ada kebingungan ortu macam saya kalau tidak mengikuti informasi. Paling tidak, harus paham tentang apa yang akan dihadapi anaknya saat ujian nanti.

Nah seperti US dan USBK, jaman dulu sudah ada. Tapi bukan dengan istilah itu, tapi memakai nama Ujian Nasional pun belum ada komputer. Maklum ya mak, karena perkembangan jaman apalagi sekarang serba digital jadinya berbasis komputer. Ya ada penamaan USBK itu. Terus mata pelajaran apa saja ya yang termasuk US dan USBK?

Untuk US mata pelajaran kelas VI yang diujikan adalah :
1. Agama
2. PPKN
3. IPS
4. Bahasa Jawa
5. PJOK (Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan)

Sedangkan mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) ada 3 yakni:
1. Bahasa Indonesia
2. IPA
3. Matematika

Itu mak mata pelajaran yang kini tengah dipelajari anak-anak sekolah di jenjang pendidikan SD. Kalau di tahun-tahun sebelumnya sih hampir sama. Cuma beda di penamaan saja.

Persiapan Ortu saat Anak Menghadapi Ujian

Sebagai  orang tua pasti menginginkan hasil yang terbaik untuk putra putrinya. Selain anak harus belajar dengan giat dan sungguh-sungguh, ternyata ada faktor lain yang turut andil dalam keberhasilan anak mengikuti US dan USBK.

Lima Hal yang Harus Orang Tua lakukan antara lain:

1. Memperhatikan Pola Makan Anak
Sebagai orang tua wajib untuk memperhatiakan pola makan anak. Maksudnya orang tua harus memperhatikan makan anak terutama asupan gizinya. Dengan gizi yang seimbang dan baik akan membuat anak lebih konsentrasi untuk belajar. Seain itu pola makan anak yang sehat dan teratur membuat anak jadi lebih semangat dalam belajar.
Makanan bergizi (dok.pri)

2. Menjaga Kesehatan Anak
Tentu saja sebagai orang tua harus memperhatikan kesehatan anak, apalagi dengan cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu. Caranya? Salah satunya dengan memperhatikan waktu istirahat anak dan mengurangi waktu main di luar rumah.

3. Berdoa Untuk Keberhasilan Anak
Kewajiban orang tua untuk mendoakan anak tercinta agar berhasil dalam studinya. Salah satu cara menghadiri istigosah yang diadakan sekolah dimana putra putrinya bersekolah. Dengan cara ini rasa was-was juga bisa lewat lho...

4. Memberi Semangat dan Motivasi
Menanamkan pada diri anak bahwa dengan belajar sungguh-sungguh akan memperoleh hasil yang baik. Dengan begitu sang anak pasti lebih semangat lagi.

5. Mempersiapkan Kebutuhan Ujian
Ini juga penting ya mak. Sebekum berangkat ujian tidak ada salahnya mak memperhatikan peralatan sekolahnya. Seperti alat tulis dan lainnya. Jangan sampai saat mau ujian kelengkapannya belum tersedia.

Nah kurang lebihnya itu yang bisa dilakukan oleh orang tua. Emak yang punya anak tengah menghadapi US dan USBK jangan galau lagi ya. Dengan banyak berdoa dan berpasrah insha allah perasaan was-was dan galau akan minggir deh. Yang penting sudah berusaha yang terbaik kan?

Untuk Sekolah dimana anak kita bersekolah pasti sudah mempersiapkan segalanya. Di Malang yang tahun ini baru mengikuti USBK juga berusaha siap dengan sarana dan prasarananya. Di sekolah anak saya juga gitu. Persiapan sekolah antara lain:
Dok.ist

1. Perangkat Komputer

2. Permohonan Untuk Kelancaran Listrik pada PLN setempat

3. Ruangan yang Nyaman (ber-AC)

4. Memberi motivasi

5. Mengingatkan Siswa Untuk Rajin Belajar

Upaya sekolah, ortu dan anak yang sejalan yakni ingin berhasil dalam US dan USBK kalau sudah maksimal, tinggal nunggu hasilnya. Jadi mak gak usah galau lagi ya? Yang penting semua yang positif sudah dijalankan untuk hasil yang baik. Nah selonjor dulu mak jangan serius. Hihi....
Acara istigosah (dok.pri)

Oya cerita sedikit tentang acara istigosah yang diadakan sekolah anak saya. Selain kami melakukan sholat Dhuha dan Sholat Hajat untuk meminta kemudahan saat ujian nanti, juga berdzikir. Lepas  acara doa bersama, kami  saling bermaaf-maafan yakni antara siswa dengan sesama teman, anak didik dengan ortu masing-masing, sesama wali murid juga guru sekolah.
Bermaaf-maafan (dok.pri)

Saling memaafkan diantara sesama  juga dikupas oleh Mba Lisa Lestari dalam artikelnya yang berjudul mengajarkan-anak-meminta-maaf-dengan-benar. Nah emak, yang ingin mengedukasi anak-anak agar mau meminta maaf saat keliru, boleh deh buka link itu. Semoga bermanfaat ya mak....Aamiin..

#colabs
#Setip
#SetipEstrilookCommunity
#BCC



S.25: Blogger-pun Kini Lega, Terlindungi Program BPJS-TK

April 10, 2019 Add Comment
Suatu siang saya hadir di sebuah acara di kantor pemerintahan. Bersama sekitar seratus orang penggiat UMKM mengikuti sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK). Dalam sesi tanya jawab, seorang ibu pengusaha kuliner menanyakan tentang bisa tidaknya dirinya ikut BPJS-TK. Oleh Cahyaning Indriasari selaku Kepala BPJS-TK Malang dijawab dengan pasti. " Bisa bu, karena ibu termasuk pekerja Bukan Penerima Upah", tegas Cahyaning.

Mungkin masih belum familiar ya dikalangan masyarakat kita, istilah pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Menurut Cahyaning, yang termasuk pekerja BPU adalah pekerja yang melakukan usaha ekonomi dan berpenghasilan secara mandiri. Saat itu saya berpikir, apa kegiatan saya sebagai seorang blogger yang notabene juga mandiri, masuk kategori pekerja BPU?
Kantor BPJS-TK Malang (dok.pri)

Saat acara usai saya berbincang dengan Kepala BPJS-TK menanyakan hal itu. Gayungpun bersambut, ternyata saya malah diberi kesempatan untuk mengenal lebih jauh program BPJS-TK. Bersama 20 teman Blogger Malang Raya pun diundang. Alhasil, Selasa (2/4) bertempat di ruang rapat, kami bersilaturahim dan mengikuti sosialisasi program BPJS-TK. Tepatnya di kantor BPJS-TK jl Dr. Soetomo no 1 Malang


Banyak yang Belum Paham Tentang BPJS-TK

Tak kenal maka sayang. Demikian pepatah bijak mengatakan. Selama ini masyarakat mengetahui penerima manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan hanyalah PNS dan karyawan perusahaan. Karena itu selaku pimpinan BPJS-TK perlu mensosialisasikan program-programnya. Meski keberadaan BPJS-TK sudah 4 tahun, namun masih belum mencapai target. "Butuh usaha untuk menginformasikan agar masyarakat di Malang tahu tentang program kami", harap Cahyaning.
Kepala BPJS-TK Malang, Cahyaning Indriasari saat acara Sosialisasi BPJS-TK (dok.pri)

Karena itulah pihaknya menggandeng blogger yang diharapkan bisa mengekspos secara detil tentang manfaat program BPJS-TK. Hal ini penting sekali mengingat dari jumlah pekerja Bukan Penerima Upah, masih banyak yang belum bergabung. Menurut data Badan Statistik Nasional sampai Agustus 2018 ada 48,8 juta pekerja yang sudah terdaftar di BPJS-TK. Padahal ada sekitar 120 juta orang pekerja lho di Indonesia.
Dok.BPJS-TK

Secara tersurat sudah ada landasan hukumnya bahwa semua pekerja di Indonesia juga tenaga kerja asing yang bekerja minimal 6 bulan wajib menjadi peserta jaminan sosial. Hal itu sudah dalam UU no 24 tahun 2011 tentang BPJS. Jadi? Ya butuh usaha secara berkesinambungan dengan cara masuk komunitas-komunitas untuk menyampaikan pentingnya keikutsertaan BPJS-TK.

BPJS Kesehatan Berbeda Dengan BPJS -TK

Seringkali orang mengira BPJS Kesehatan dan BPJS-TK adalah sama. Padahal meski sama-sama terkait jaminan sosial tapi beda yang di-cover. Sebelumnya kalau BPJS Kesehatan dikenal sebagai Askes, sedangkan BPJS-TK sebagai Jamsostek.

Nah secara harafiahnya saja sudah beda. Jadi perlu pemahaman dan edukasi agar masyarakat bisa membedakan keduanya. Karena berdasarkan info di lapangan saat pemegang kartu BPJS Kesehatan mengalami musibah kecelakaan menggunakan kartu tersebut jelas ditolak. Demikian sebalikmya saat pemegang kartu BPJS-TK sakit pun harus menunjukkan kartu BPJS Kesehatan.
Dok.BPJS-TK

Intinya kalau BPJS Kesehatan memberi manfaat hanya satu saja yakni jaminan kesehatan dan harus dikuti oleh seluruh masyarakat. Sedangkan BPJS-TK haeus diikuti oleh pekerja termasuk tenaga kerja asing dan memiliki 4 manfaat yakni:
1. Jaminan Kecelakaan (JKK)
2. Jaminan Kematian (JKM)
3. Jaminan Hari Tua (JHT)
4. Jaminan Pensiun (JPS)

Cukup mudah kan untuk membedakan keduanya? Juga secara fisik kartu BPJS Kesehatan dan BPJS-TK juga berbeda warna. Hal lain yang yakni untuk BPJS Kesehatan wajib mendaftar dalam satu KK, kalau BPJS -TK hanya yang bekerja saja atau memiliki penghasilan.

Siapa yang Bisa Mengikuti BPJS-TK?

Seperti yang sudah saya singgung di awal tulisan, yang menjadi peserta BPJS-TK adalah pekerja Bukan Penerima Upah. Dimana mereka adalah pekerja  yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri. Pekerja tersebut memperoleh penghasilan dari kegiatannya itu seperti tukang ojek, supir angkot, pedagang keliling, dokter, pengacara dan lainnya.

Menurut Cahyaning, blogger juga termasuk seorang pekerja Bukan Penerima Upah. Karena dalam berkegiatan bloger yang kerap disebut narablog ini juga berpenghasilan mandiri. Wah jadi merasa terlindungi nih ya saya. Apalagi seorang blogger mobilitasnya tinggi sehingga otomatis resiko pekerjaanpun semakin besar.
Blogger Juragan Artikel (dok.pri)

Untuk kepesertaan, pekerja BPU bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan secara bertahap. Maksudnya peserta bisa memilih program sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Misalnya nih seorang peserta hanya mampu mengikuti 2 program JKK dan JKM. Tapi suatu karena mampu untuk menabung, akhirnya di-up kan bertambah dengan program Jaminan Hari Tua.

Kemudian untuk mendaftar bisa langsung ke Kantor Cabang BPJS-TK atau melalui wadah, kelompok,mitra atau payment point (perbankan) yang telah melakukan Ikatan Kerja Sama (IKS) dengan BPJS-TK.

Manfaat Mengikuti Program BPJS-TK

A. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Ini merupakan jaminan yang memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan saat bekerja. Termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya. Juga penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.
(dok.BPJS-TK)

Jadi nih misal sebagai blogger si A saat menuju tempat liputan tiba-tiba motornya ada yang menyerempet dan jatuh terus terluka. Itu bisa lho mendapatkan jaminan kecelakaan kerja. Apa saja yang akan didapatkannya?

1. Biaya Pengangkutan (Maksimum)

- Darat / Sungai / Danau sebesar rp 1.000.000
- Laut rp 1.000.000
- Udara rp 2.500.000
Gimana kalau harus menggunakan lebih dari 1 jasa angkutan? Tidak diakumulasi ya, tapi berhak atas biaya maksimal dari mading-masing jenis angkutan.

2. Biaya Pengobatan dan Perawatan
Biaya perawatan dan penfobatan sesuai kebutuhan medis.

3. Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB)
- 6 bulan pertama mendapatkan bantuan 100% x upah sebulan
- 6 bulan kedua mendapat 75% x upah sebulan
- 6 bulan ketiga mendapatkan 50% x upah sebulan

4. Penggantian Gigi Tiruan
Maksimum rp 3.000.000

5. Santunan Cacat
- Cacat Sebagian Anatomis menurut prosentase tabelx80x upah sebulan
- Cacat Total Tetap dapat 70% x 80 x upsh sebulan
- Cacat Sebagian Fungsi dapat prosentase kyrang fungsi x % tabel x 80 x upah sebulan

6. Santunan Kematian
- Santunan Kematian dapat 60% x 80 upah sebulan (paling sedikit besar JKM)
- Berkala dibayar sejaligus sebesar 25 bulan x rp 200.000 = 4.800.000
- Biaya pemakaman sebesar rp 3.000.000

7. Biaya Rehabilitasi
Yakni berupa alat bantu (orthese) atau alat ganti (prothese) bagi anggota yan bagian badannya hilang ayau tidak berfungsi. Itu dikarenakan kecelakaan kerja. Untuk setiap kasus patokan harga ditentukan oleh Pusat Rehabilitas Rumah Sakit Umum Pemerintah plus 40% dari harga tersebut serya buaya rehabilitad medik.

8. Bantuan Beasiswa
Bantuan beasiswa sebesar rp 12 juta untuk satu anak peserta yang masih sekolah bila peserta meninggal dunia ayau cacat total tetap akibat kecelakaan kerja.

B. Jaminan Kematian (JKM)
Diperuntukkan bagi ahli waris tenaga kerja yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja. JKM bisa membantu meringankan beban keluarga dalam bentuk biaya pemakaman dan santunan.
(dok.BPJS-TK)

Manfaat JKM:
- Santunan Jematian rp 16.200.000
- Santunan Berkala rp 200 ribu x 24 bukan = rp 4,8 juta
- Biaya pemakaman rp 3 juta
- Beasiswa pendidikan sebesar rp 12 juta untuk anak peserta yang meninggal bukan kecelakaan kerja dan memiliki masa iur 5 tahun

C. Jaminan Hati Tua (JHT)

Merupakan program penghimpunan dana yg ditujukan untuk simpanan atau tabungan. Tabungan tersebut bisa diambil saat berusia 56 tahun, karena peserta meninggal, PHK atau cacat tetap.
(dok.BPJS-TK)

Manfaat JHT adalah
- Bisa diambil sekaligus apabila peserta masuk masa pensiun, cacat tetap, berhenti bekerja atau meninggal dunia.
- Dapat diberikan sebagian sampai batas tertentu dan bila memilik 10 tahun masa kepersetaan .
- Pengambilan manfaat sampai batas tertentu paling banyak 30% dari jumlah JHT.

Nah detil kan infomasinya. Baca perlahan ya karena terlalu rinci sehingga butuh membaca berulang-ulang. Jadi gak was-was lagi kan dengan kartu BPJS-TK di tangan.

Cara Menjadi Peserta:
1. Mempunyai NIK (No Induk Kependudukan)
2. Mengisi Formulir
4. Menghubungi :
- Kantor Cabang BPJS Keyenagakerjaan
- Wadah
- Mitra /  Payment point
- Pembayaram bisa dilakukan sendiri melalui wadah atau mitra secara bulanan, 3 bulan dan 6 bulan atau 1 tahunan.
Dok. bPJS-TK


Untuk Iuran terjangkau banget nih cuma 16.800 dengan patokan penghasilan rp 1 juta.
1. JKK nilai iuran dari 1% dari nominal kemampuan penghasilan
2. JKM berbayar 6800
3. JHT nilai iur 2% dari nominal tertentu
Tabel Dasat (dok.BPJS-TK)


Menjadi Peserta BPJS-TK

Pada acara sosialisasi hadir pula Account Representatif Khusus Roni Setiawan dan Anysa Isyawati. Saya dan juga semua teman blogger merasa tertarik. Tak menunggu lama kami pun mengisi formulir pendaftaran. Oya untuk untuk pekerjaan bisa diisi dua macam pekerjaan. Di kolom pekerjaan saya sih isi sebagai blogger dan usaha kuliner.
Foto bersama usai acara (dok.Tyaan)

Wah hari ini jadi plong banget. Karena apa yang dijelaskan pihak BPJS-TK sangat penting buat saya. Memang kadang mobilitas tinggi, pasti resiko dalam pekerjaan pun ada. Tak salah dan tak keliru bila saya yang seorang Blogger kini merasa nyaman karena terlindungi manfaat program BPJS-TK. Kalian yang juga blogger kapan gabung? Yukkkk..


#Setip
#SetipEstrilookCommunity




S.24: Bakso Akrom Malang, Bakso Sehat Kaya Rempah

April 08, 2019 1 Comment
Kuliner yang satu ini memang digemari oleh banyak kalangan. Penikmatnya dari usia anak-anak hingga orang dewasa, yang kerap menyambangi kedainya. Kuliner yang terbuat dari bahan daging itu adalah bakso. Salah satu bakso yang terkenal di Malang yakni Bakso Akrom.

Bakso Akrom (dok.pri)

Siapa yang tak kenal dengan Bakso Akrom Malang? Bakso Sehat Milik Haji Akrom ini terkenal sejak tahun 1976. Karena lokasinya di daerah Kauman yang notabene hunian warga keturunan Arab, sehingga acapkali disebut juga sebagai Bakso Arab. Penasaran dengan bakso legendaris ini, simak yuk ...


Kuah Bakso Akrom Berbumbu Rempah Lengkap

Empat puluh tiga tahun lalu di Malang belum ada mesin penggiling daging. Sehingga Akrom membuat bakso dengan cara menumbuk daging. Itu dilakukan dengan alu dan lumpang. Waktu itu harga daging 1 kg masih 1250 rupiah.


Karena pelanggannya mayoritas orang Arab, Akrom mengikuti selera mereka. Paham  kalau orang Arab menyukai makanan dengan aneka rempah, Akrom membumbui kuah baksonya dengan rempah lengkap. Seperti kapulaga, cengkeh, jinten, pala, sere, daun jeruk, laos dll. Kaya akan rempah inilah yang membuat baksonya terasa nikmat hingga mampu bertahan puluhan tahun.
Aneka rempah bumbu bskso (dok.pri)

                                 
Isian kuliner Bakso Akrom bermacam-macam. Ada bakso halus dan kasar, tahu, bakso goreng dan mie soun. Dilengkapi dengan irisan daun seledri, daun bawang serta saus, lombok plus kecap.

Bakso Akrom (dok.pri)

Bila pelanggan ngin merasakan kuah asli selera warga keturunan Arab, traveler tidak usah melengkapi saus dan kecap. Jadi taste aslinya bisa dinikmati dengan aroma rempah yang dominan.

Satu mangkok bakso campur lengkap dihargai 14 ribu. Rincian harga satu pentol bakso baik halus, kasar ataupun goreng cuma 3000, tahu dan mie masing-masing 1000. Harga yang sangat terjangkau kan?

Pentol kasar dan goreng (dok.pri)

                                       
Sedangkan menu minuman ada beberapa macam. Yang terkenal sejak dulu adalah es dawet beras jadul 5000, es sirup, es teh dan jeruk dibandrol 4000 saja. Menurut Akrom minuman yamg laris adalah es dawetnya.

Es dawet jadul (dok.pri)

                                                     
Bakso Akrom Langganan Pejabat dan Artis


Dalam sehari Akrom yang beristrikan Islamiyah ini meghabiskan daging hingga 5 kg. Semua produk bakso dibuat sendiri termasuk saus tomat. Akrom sangat menjaga kualitas rasa, berbahan baku pilihan, sehat karena MSG minim serta higienis.
Pentol bakso yang baeu matang (dok.pri)

                                             
Kini Bakso Akrom pelanggannya bukan hanya warga sekitar Kauman, tapi juga pemburu kuliner dari luar kota. Bahkan pejabat seringkali memesan bakso untuk hidangan suatu acara. Tak ketinggalan beberapa artispun sudah pernah mencicipi Bakso Akrom ini. Sebut saja Komeng, Adul dan lainnya.


Nah kalian kalau lagi jalan-jalan ke Malang, mampir saja ke Bakso Akrom. Lokasinya di Kauman atau di sebelah barat alun-alun Malang. Bakal nyesel lho kalau tak menikmati kuah dan bakso sehat dengan rempah yang enak. Buktikan ya...



S.23: Serunya Bermotor Ria Keliling Jogja

April 07, 2019 Add Comment

Suatu saat di WAG Rainbow Moms, sebuah komunitas wisata, ada ide buat ngebolang ke Jogja. Sebenarnya kami di grup ini sih sudah beberapa kali jalan ke kota gudeg ini. Tapi tahu kan Jogja itu kota yang membetot banyak perhatian. Jadilah kami memutuskan kembali untuk menyusuri Jogja dengan destinasi yang berbeda dengan sebelumnya.

Itulah Jogja. Kota yang dalam pandangan saya sebagai kota penuh rindu, yang suatu hari kudu menjejakan langkah di kota yang cukup macet saat musim liburan. Tapi kali ini sahabat-sahabat di WAG ingin ke Jogjez dengan sensasi yang beda dari biasanya. Saat tercetus ide keliling dengan motoran, banyak yang langsung ngelist. Wowww...

Jadi timbul tanya, pernah membayangkan berwisata keliling Jogja dengan motor sewaan? Wah bagi yang suka berpetualang pasti itu jadi sesuatu yang menantang. Apalagi motorannya di kota Gudeg yang hampir 24 jam tak pernah sepi. Bagaimana serunya berwisata motoran, simak yuk...
Rainbow Mom dari Stasiun Lempuyangan bersiap wisata dengan sewa motor (dok.pri)


Wisata Jadi Lebih Damai

Jaman sekarang moda transportasi di Indonesia sangat beragam, mudah dan murah. Apalagi sejak ada transportasi online yang berkembang sangat pesat. Transportasi apapun sangat penting saat kita tengah berlibur ke luar kota.

Nah Jogjakarta sebagai salah satu tujuan wisata yang masuk Top Ten Balinese, pelaku industri pariwisatanya pun terus berkreasi dan mencari peluang. Salah satunya dengan persewaan motor atau rental motor.

Bagi yang ingin mencari sensasi tersendiri saat liburan, bisa menyewa motor dengan harga terjangkau. Selain bisa menekan budget liburan juga bisa lebih cepat menuju lokasi wisata tanpa bermacet-macetan. Tahu kan Kota Jogja bagaimana saat musim liburan atau weekend?

Dengan bersepeda motor lebih rileks, karena bisa mampir-mampir sesuai keinginan. Tentunya tanpa harus sungkan dengan teman jalan lainnya. Apalagi bila berkendaraan roda empat atau kendaraan yang lebih besar, tentu tidak sebebas bila bermotor ria. Saat lelah pun bisa sewaktu-waktu beristirahat,  dimanapun dan kapanpun.

Tarif Sewa Motor Terjangkau

Bila berencana ingin berlibur di Jogja dengan menyewa sebuah motor, alangkah baiknya untuk browsing dulu. Alih-alih mencari informasi persewaan motor yamg kini banyak bertebaran. Jangan sampai kita sudah sampai di Jogja, traveler baru mencari informasi. Sayang kan kalau waktu jadi terbuang percuma.

Tentang biaya sewa motor, tergantung dari jenis motor dan tahunnya. Biasanya harga sewa 70 ribu - 110 ribu per unit per hari. Penyewa akan dimintai syarat berupa KTP asli dan diserahkan saat pengambailan motor.
Ramai-ramai menyusuri Jogja dengan sewa motor (dok.pri)

Pemilik motor sewa biasanya akan mengantar motor ke tempat yang disepakati. Biasanya di daerah sekitar stasiun. Kenapa harus ke stasiun? Ini hanya untuk memudahkan penyewa agar tidak bingung saat pengambilan dan pengembalian motor. "Biar kami dan juga pihak penyewa lebih mudah berkoordinasi," ungkap Budi salah satu pemilik sewa motor di Kota Gudeg ini.

Tujuan Wisata yang Akan Dikunjungi

Bila traveler sudah memastikan diri untuk berwisata dengan menyewa motor, hal yang dipikirkan selanjutnya adalah tempat wisata apa yang akan dikunjungi. Perlu memikirkan juga  jarak tempuh yang pasti berhubungan dengan waktu sewa motor.

Jadi lebih baik memilih wisata yang tidak terlalu jauh. Namun ini kembali ke pribadi traveler masing-masing. Tapi paling tidak ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang harus dipikirkan.

Untuk wisata dalam kota ada beberapa pilihan antara lain :

1. Malioboro
2. Tugu Jogja
3. Pasar Bringharjo
4. Benteng Vanderberg
5. Alun-alun
6. Taman pintar
7. Tamansari
Alun-alur Lor Jogja (dok.pri)
Tugu Jogja (dok.pri)


Tempat wisata dalam kota yang tersebut diatas hanya berjarak tak kebih dari 3 KM. Meski demikian butuh waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Jangan lupa Traveler juga harus memiliki cukup informasi untuk menuju area wisata itu.

Sedangkan pilihan wisata yang butuh waktu dan jarak yang agak jauh antara lain:

1. Hutan Pinus Pengger
2. Candi Prambanan
3. Gunung Kidul
4. Sleman
5. Candi Borobudur
Pinus Pengger (dok.pri)

Panorama Bukit Teletubies Gunkid (dok.pri)

Nah bagi  petualang sejati, siapkah liburan dengan motoran? Pasti asyik dan rasakan sensasinya. Kalian bakal ketagihan menikmati liburan di Jogja. Jadi kan berlibur dengan sewa motor? Asik dan perlu dicoba lohh...


#setip
#setipEstrilook Community










S.22: Ronde Titoni, Minuman Tradisonal Legendaris di Malang

April 03, 2019 1 Comment

Musim hujan gini, biasanya saya suka kemasukan angin. Bersendawa terus dan perut kembung. Pernah mengalami? Nah buat mengusir rasa kurang nyaman itu biasanya saya mencari yang hangat-hangat, entah itu makanan atau minuman. Nah ada tuh di Malang, minuman yang bikin anget tubuh. Namanya Ronde. Tahu kan?
Ronde Titoni sejak 1948 (dok.pri)

Kalau mendengar kata Ronde, apa yang terlintas dalam pikiran?  Pasti mengira erat dengan olah raga tinju kan? Biasanya iya, tapi Ronde yang ini tak ada sama sekali kaitannya dengan olah raga berat itu. Ronde yang ini malah bikin orang sehat dan bugar. Kok bisa? Karena  Ronde ini adalah minuman berbahan dasar Jahe yang dipercaya untuk kesehatan. Ada Ronde yang terkenal dan legendaris namanya Ronde Titoni.

Ronde Titoni, Minuman Sehat buat Tubuh

Minuman ini cocok banget untuk yang tinggal di daerah dingin atau pas musim penghujan.  Selain untuk menyegarkan tubuh juga buat menghilangkan rasa lelah  usai jalan-jalan atau bekerja. Minuman dengan bermacam-macam rempah ini dipercaya bisa menghilangkan rasa pegal-pegal, lelah dan bisa mengusir masuk angin.

Nah Ronde yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Ronde Titoni. Lokasinya di jalan Zainul Arifin no 17, tak jauh dari alun-alun Malang. Mulai buka pukul 18.00 hingga pukul 24.00. Namun biasanya sebelum tengah malam sudah tutup karena habis lebih awal.
Ronde dan Roti Goreng (dok.pri)

Biasanya pengunjung Ronde Titoni mengular pada malam minggu. Bahkan lokasinya yang di pinggir jalan, terkadang membuat macat jalanan. Itu karena Ronde Titoni terasa istimewa di mata pelanggannya. Hingga antrian berderet panjang.

Ronde Titoni Melegenda

Adalah Sugeng Prayitno (51) merupakan
generasi kedua dari kuliner Ronde Titoni. Menurut Sugeng dulu ayahnya yang bernama  Abdul Hadi pertama kali berjualan tahun 1949. Berarti sudah berjualan selama 70 tahun. Bukan waktu yang singkat!
Sugeng Prayitno (dok.pri)

Awal berjualan keliling disekitar Pecinan Pasar Besar Malang. Saat itu masih menggunakan alat pikulan. Kemudian tahun 1970-an  baru memakai gerobak dan mangkal di depan toko arloji Titoni. Karena itulah dikenal sebagai Ronde Titoni. Memasuki tahun 1988 jualannya berpindah ke Jalan Zainul Arifin 17, tempat yang sekarang.

Sugeng kemudian meneruskan usaha dengan mempertahankan resep yang diturunkan oleh ayahnya. Bahkan menu yang dulunya hanya minuman ronde saja sekarang bertambah. Menu tambahan sekarang antara lain ada Angsle, Kacang berkuah, roti goreng dan Cakue.

Semua menu dipersiapkan oleh Sugeng dibantu anak-anaknya. Bahkan Roti Goreng dan Cakue sebagai pelengkap menu Ronde Titonipun dibuat sendiri. Ukurannya tidak seperti pada umumnya. Buatan Sugeng, Roti Goreng dan Cakuenya berukuran jumbo atau dua kali lipat dari ukuran biasanya.
Anak Sugeng (dok.pri)

Untuk Minuman Ronde Titoni berbahan gula murni dan jahe serta rempah lainnya. Didalamnya ada kacang sangrai, bulatan ronde dari tepung kanji berisi gula dan kacang tumbuk serta irisan kotak kecil seperti agar-agar. Minuman ini ditempatkan di mangkok dan sangat nikmat bila disajikan dalam keadaan panas. Ronde Titoni dan lainnya satu porsi dibandrol 10 ribu. Sedangkan Roti Goreng dan Cakue masing-masing berharga 4 ribu. Terjangkau kan?

Pelanggan yang Semakin Hari Semakin Banyak

Sugeng mengaku, perkembangan teknologi informasi turut membantu usahanya lebih dikenal masyarakat. Kini pelanggannya bukan hanya dari Malang saja, tetapi dari seluruh Indonesia. Beberapa artis terkenal pun pernah mencicipi Ronde Titoni. Antara lain almarhum Bondan dan Pepi serta artis lainnya.
Bermalam minggu di Ronde Titoni (dok.pri)

Karena resep dari ayahnya dipertahankan, Sugeng yang memiliki 4 putra ini mengatakan, pelanggannya banyakdan selalu bertambah. Untuk itu dirinya telah mempersiapkan penerus generasi ketiganya. Yang penting menurut Sugeng, untuk bertahan dalam dunia bisnis kuliner rasa harus dipertahankan, pelayanan cepat dan ramah kepada pelanggan. "Itu cara kami agar usaha tetap lancar dan dikunjungi kembali oleh pengunjung," ujarnya.

Ada yang  penasaran dan ingin berkunjung ke Ronde Titoni? Jangan lupa mampir ya kalau liburan ke Malang. Pasti  tubuh bugar setelah menikmatinya.Cayoooo...


#setip
#setipEstrilookCommunity


S.21: Sambang Pasar Tradisional Kebon Empring di Bantul

April 03, 2019 Add Comment
Assalamualaikum, jumpa lagiii...

Hai sist, mbak dan emakkk...kalian masih suka blusukan ke pasar tradisional gak? Kalau saya jujur, sesekali sih belanja di tempat ketemuan antara pembeli dan penjual itu. Hehe...soalnya belanja keseharian lebih sering ke warung tetangga sebelah. Disamping lokasi dekat, juga menjaga silaturahim. Eaaa...aselinya malas keluar, kalau gak penting-penting banget. Saya tuh jarang nge-mall, kecuali lagi dapat job ubleg ke tempat perbelanjaan modern itu.
Pasar tradisional Kebon Empring (dok.pri)

Lha bicara tentang pasar, kemarin saat hang out ke Jogja, saya nemu pasar tradisional yang bikin adem hati dan otak. Meski pasar ini jualannya kuliner tapi bisa mengobati kangen suasana jaman saya kecil. Jajanan jadul banyak ditawarkan. So, yukk simak ya ...

Nah Siapa yang beranggapan pasar tradisional itu tidak menarik dan terkesan kumuh? Hayo ngaku..Kalau kata saya sih relatif yaa...Tapi coba lihat Pasar Tradisional Kebon Empring yang terletak di Bantul ini. Meski berlokasi di bawah rumpun bambu dan dekat aliran Kali Gawe, tapi tidak membuat pasar ini kotor dan tak tertata. Malah sebaliknya bersih dan rindang. Yuk intip pasar yang baru setahun di buka ini ...

Bersama komunitas Rainbow Moms ke Pasar Kebon Empring (dok.pri)
Pasar Kebon Empring Jadi Jujugan Wisatawan

Tak berlebihan kalau pasar Kebon Empring ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar kota. Suasananya yang adem semilir juga sangat menarik perhatian pengunjung. Disana kita bisa berwisata kuliner jaman dulu dengan suasana yang ndeso dan alami. Saya dan sahabat Rainbow Moms pun tak ketinggalan sambang ke pasar itu.

Menurut salah seorang pengelolanya, sebelum kawasan rumpun bambu ini dijadikan objek wisata, dulu adalah tanah kosong yang terbengkalai. Bermula dari Kali Gawe yang mengalir di tengah desa Bintaran Wetan, Wiyungan Kabupaten Bantul.  Jembatan permanennya yang menghubungkan dengan desa lain roboh  karena badai Cempaka.

Kemudian warga berinisiatif untuk membuat jembatan gantung sepanjang kurang lebih 10 meter. Dan ternyata setelah selesai, jembatan tersebut menarik perhatian bukan saja warga sekitar, tapi warga luar desa. Pengunjung bernarsis dengan latar jembatan dan aliran air Kali Gawe. Akhirnya muncul ide untuk membuat area sekitar menjadi tempat yang unik.
Jembatan gantung (dok.pri)

Sekitar Kali Gawe banyak ditumbuhi pohon bambu. Hingga melahirkan ide kreativitas warga dan pemuda setempat untuk membuka wisata alam dan kuliner dengan nama Pasar Kebon Empring. Artinya pasar di area kebun bambu (empring).

Pasar  Aneka Kuliner Tradisional

Bila berkunjung ke Pasar Kebon Empring kesan pertama adalah terasa nyaman, tentram dan adem. Apalagi warga sekitar menyambut pengunjung dengan ramah berpakaian adat.

Di Pasar Kebon Empring ada sekitar 25 stand penjual yang semuanya adalah warga desa Bintaran Wetan. Ibu-ibu penjualpun memakai baju kebaya dan jarik atau kain panjang. Tak ketinggalan menggunakan topi capil yang khas orang desa.
Jenang (dok.pri)


Baca juga ini ya : Jajanan jadul menggoda hati


Di area pasar yang lumayan luas ini tersedia menu tradisional seperti pecel, lotek, urap-urap, sate kere, dawet, jenang, tiwul, sego wader, es tebu dan masih banyak lainnya. Menu makanan tersebut juga dihidangkan secara tradisional pula. Misalnya seperti jenang dihidangkan dalam wadah tanah liat atau gerabah. Demikian pecel tak memakai piring tapi dengan daun pisang. Tentang rasa enak dan harga antara 5 ribu hingga 10 ribu. Terjangkau kan? Wuihh saya jadi kalap sodarahh, hehe...

Fasilitas Wisata Kebon Empring

Meski dibuka belum cukup setahun, tapi pengelola menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti tempat wisata yang kesohor. Ada gazebo, toilet, mushola, tempat parkir baik kendaraan roda dua maupun empat. Juga ada kursi dari bambu tempat pengunjung menikmati aneka menu yang ada.

Sebagai wisata keluarga juga ada permainan atau dolanan anak tradisional. Seperti ayunan dibawah pohon bambu, egrang juga bakiak. Permainan jaman dulu ini sebagai wisata edukasi kepada anak-anak jaman now. Lengkap kan?
Mainan tradisional Bakiak (dok.pri)

Yang unik di Pasar Kebon Empring semua tulisan makanan dan tempat, menggunakan aksara Jawa. Namun bagi yang tidak paham, jangan kuatir ada kok keterangan dalam Bahasa Indonesia-nya.
Salah satu petunjuk dalam aksara Jawa (dok.pri)

Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya atau tiket. Namun di beberapa sudut terdapat kotak dimana pengunjung bisa memasukkan uang dengan sukarela untuk membantu pemeliharaan dan pengembangan wisata ini.

Gimana nih sist, mbak n makk...tertarik berkunjung ke Pasar Kebon Empring? Kulinernya mantap dan berharga murah meriah. Jangan lewatkan ya kalau ke Jogja mlipir kesini juga. Pasti bakal kalap ...😁😁😁


#setip
#setipEstrilookCommunity