Setip 4 : Tips Bahagia Dalam Dua Puluh Tahun Hidup Bersama

Februari 11, 2019

Merenda hari bersama keluarga tercinta (dok.pri)


....Tak terkira disampingmu
Adalah hal terindah yang pernah kuinginkan
Tak terkira dipelukmu
Adalah hal terindah yang pernah kurasakan...

Penggalan lirik sederhana lagu grup Seventeen ini terdengar jelas mengiringi malam kami. Ya makkk...malam ini usai berdoa dan bersyukur pada Allah SWT yang memberi segala limpahan berkah, kami menikmati lagu-lagu cinta. Lagu pengiring tidur malam yang syahdu ini...

Tak terasa sudah dua dasa warsa usia pernikahan kami.  Banyak sudah suka dan duka kami lalui bersama. Segala perbedaan yang ada malah saling melengkapi kehidupan rumah tangga kami. Dengan dua orang gadis cilik yang mewarnai hari-hari yang penuh rona pelangi. Terasa bahagia pasti ya mak, hidup dikelilingi orang-orang tersayang. Alhamdulillah...

Mak jadi pengen berbagi nih. Apa sih yang membuat sebuah rumah tangga bisa langgeng dan awet? Ada beberapa tips yang dapat membuat sebuah kapal besar benama rumah tangga bisa adem ayem menuju pulau bahagia. Yuk emak boleh deh disimak ...


1. Berusaha Untuk Selalu Menghargai

Ada pepatah bijak, menikah adalah menyatukan dua hati yang berbeda. Hati seorang perempuan dan hati seorang lelaki, ya dong...Tentu saja banyak perbedaan
ya. Ada kalanya selisih paham menjadikan kita berusaha untuk saling memahami dan mengerti satu sama lain.

Kadang hidup bersama setelah sekian tahunpun tidak menjamin sepasang suami istri bisa menerima kelebihan dan kekurangan pasangannya.
Kudu ada kesadaran  diri saling menerima apa adanya. Dengan mengutamakan komunikasi yang efektif, semua masalah bisa diatasi. Tak akan ada miskom diantara pasangan suami istri. So bisa tercipta keluarga yang harmonis. Ya kan makkk?

2. Saling Terbuka dan Memotivasi

Dalam hidup pasti nggak mulus-mulus aja kan mak? Apalagi saat kita sebagai istri lagi PMS, bawaannya kadang selalu sensi. Sedikit-dikit rada sebel, eh bukan senang betul ya mak..hehe.. Misal nih saat Mas Bojo keluar sebentar tanpa pamit, padahal hanya ke toko sebelah beli sesuatu, eh dalam hati pernah gak ada rasa seperti gak dianggap. Hal-hal kecil seperti itu bisa jadi batu sandung kan?

Nah sebaiknya rasa gak "sreg" itu segera disampaikan ke Mas Bojo. Kalau sesuatu hal dibicarakan dan terbuka, insha allah semua bisa plong ya mak. Juga pastinya kalau ada sesuatu saling memotivasi untuk mendukung satu sama lain.

3. Berbagi dalam Tugas

Masing-masing saling berbagi tugas. Misalnya antar anak sekolah tanggung jawab bersama, mana yang sekiranya bisa mengantar. Atau pekerjaan rumah tangga bukan semata-mata tugas istri, suamipun bisa turun tangan saat ada waktu luang.
Dengan begitu ada kerjasama antara suamu istri yang mencipta kerukunan.

4. Meluangkan Waktu Buat Keluarga

Saat weekend gunakan waktu sebaik mungkin untuk berkumpul bersama keluarga. Kalau pas ada dana lebih, bolehlah sekali waktu menikmati makan di luar bersama. Atau jalan-jalan bareng anak-anak dan suami juga istri. Membuat kedekatan secara fisik tentu saja berpengaruhi pada kedekatan hati masing-masing kan? Duh betapa senengnya bisa ngumpul bareng.

5. Jangan Sungkan Untuk Saling Memuji

Meski sudah lama menjadi pasangan suami istri, tetap hidupkan romatisme ya mak. Hal yang kecil saja kadang membuat kita jadi seperti dihargai banget sama mas bojo. Misal saat kita memasak masakan kesukaan suami atau anak-anak, trus sebagai istri dan bunda dipuji karena masakan kita enak, pasti merasa senang dan bahagia bukan?

Saling memuji juga bagian dari romantisme berumah tangga lho mak. Hehe setuju gak? Apalagi suami bisa meluangkan waktu ngedate berdua tanpa anak-anak. Hanya berdua saja jadi seperti mengingat saat masa pedekate atau pacaran dulu. Hmmm...so sweet yaa...


Nah itu salah lima tips untuk membuat rumah tangga kita adem dan ayem. Pasti masih ada lagi tips lainnya dari emak kan? Boleh tambahin ya mak biar kita bisa saling berbagi. Semoga kita dan pasangan serta anak-anak sehat dan bahagia dalam suasana kehangatan keluarga yang rukun selalu. Yukk tips emak yang lain apa nih, bagi  yahhh....

#Setip
#SetipEstrilookCommunity
#20tahunpernikahankami
#sayangspanjangmasa




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 Comments

  1. Wah MasyaAllah Bunda, Barakallah sudah 20 tahun. Sudah benar-benar merasakan manis dan pahit bersama-sama. Semoga langgeng selalu, menjadi panutan, dan tetap menginspirasi ya Bun

    Terima kasih tipsnya Bun. Agar saya yang baru 6 tahun menikah ini bisa mencontohnya.

    BalasHapus
  2. Sungkem sama senior nih. Hihi
    Saya sedang belajar untuk mengungkapkan perasaan sejujur-jujurnya nih Bund, karena pada awal nikah saya gak begitu terbuka soal perasaan sama suami.

    BalasHapus
  3. Barakallahu fikumm. .
    Selamat ba erni, wah Kudu byk belajar nih dari ba erny. .usia pernikahan saya dengn suami br 11 thn, semoga langgeng dan terus bersama hingga ajal menjemput

    BalasHapus
  4. Barakallah mba .. sudah lama sekali saya mesti banyak belajar nih usia pernikahan saya baru 3th

    BalasHapus
  5. Barakallah tuk Mba Eny sekeluarga. Semoga samawa selalu dan anak-anak tumbuh menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.

    BalasHapus
  6. Wow sudah duapuluhtahun usia pernikahan, masyaAllah. Barakallah mba, semoga semakin samawa... Ah, belajar banyak banget nih dari artikelnya, apalagi ini berdasarkan pengalaman ya mba, tidak sekedar teori. Terimakasih mba sudah berbagi tips kerennya... 👍👍👍

    BalasHapus
  7. Sihiii semoga langgeng dan bahagia ya bu

    BalasHapus