S.4: Tips Bahagia Dalam Dua Puluh Tahun Hidup Bersama

Februari 12, 2019

Merenda hari bersama keluarga tercinta (dok.pri)


....Tak terkira disampingmu
Adalah hal terindah yang pernah kuinginkan
Tak terkira dipelukmu
Adalah hal terindah yang pernah kurasakan...

Penggalan lirik sederhana lagu grup Seventeen ini terdengar jelas mengiringi malam kami. Ya makkk...malam ini usai berdoa dan bersyukur pada Allah SWT yang memberi segala limpahan berkah, kami menikmati lagu-lagu cinta. Lagu pengiring tidur malam yang syahdu ini...

Tak terasa sudah dua dasa warsa usia pernikahan kami.  Banyak sudah suka dan duka kami lalui bersama. Segala perbedaan yang ada malah saling melengkapi kehidupan rumah tangga kami. Dengan dua orang gadis cilik yang mewarnai hari-hari yang penuh rona pelangi. Terasa bahagia pasti ya mak, hidup dikelilingi orang-orang tersayang. Alhamdulillah...

Mak jadi pengen berbagi nih. Apa sih yang membuat sebuah rumah tangga bisa langgeng dan awet? Ada beberapa tips yang dapat membuat sebuah kapal besar benama rumah tangga bisa adem ayem menuju pulau bahagia. Yuk emak boleh deh disimak ...


1. Berusaha Untuk Selalu Menghargai

Ada pepatah bijak, menikah adalah menyatukan dua hati yang berbeda. Hati seorang perempuan dan hati seorang lelaki, ya dong...Tentu saja banyak perbedaan
ya. Ada kalanya selisih paham menjadikan kita berusaha untuk saling memahami dan mengerti satu sama lain.

Kadang hidup bersama setelah sekian tahunpun tidak menjamin sepasang suami istri bisa menerima kelebihan dan kekurangan pasangannya.
Kudu ada kesadaran  diri saling menerima apa adanya. Dengan mengutamakan komunikasi yang efektif, semua masalah bisa diatasi. Tak akan ada miskom diantara pasangan suami istri. So bisa tercipta keluarga yang harmonis. Ya kan makkk?

2. Saling Terbuka dan Memotivasi

Dalam hidup pasti nggak mulus-mulus aja kan mak? Apalagi saat kita sebagai istri lagi PMS, bawaannya kadang selalu sensi. Sedikit-dikit rada sebel, eh bukan senang betul ya mak..hehe.. Misal nih saat Mas Bojo keluar sebentar tanpa pamit, padahal hanya ke toko sebelah beli sesuatu, eh dalam hati pernah gak ada rasa seperti gak dianggap. Hal-hal kecil seperti itu bisa jadi batu sandung kan?

Nah sebaiknya rasa gak "sreg" itu segera disampaikan ke Mas Bojo. Kalau sesuatu hal dibicarakan dan terbuka, insha allah semua bisa plong ya mak. Juga pastinya kalau ada sesuatu saling memotivasi untuk mendukung satu sama lain.

3. Berbagi dalam Tugas

Masing-masing saling berbagi tugas. Misalnya antar anak sekolah tanggung jawab bersama, mana yang sekiranya bisa mengantar. Atau pekerjaan rumah tangga bukan semata-mata tugas istri, suamipun bisa turun tangan saat ada waktu luang.
Dengan begitu ada kerjasama antara suamu istri yang mencipta kerukunan.

4. Meluangkan Waktu Buat Keluarga

Saat weekend gunakan waktu sebaik mungkin untuk berkumpul bersama keluarga. Kalau pas ada dana lebih, bolehlah sekali waktu menikmati makan di luar bersama. Atau jalan-jalan bareng anak-anak dan suami juga istri. Membuat kedekatan secara fisik tentu saja berpengaruhi pada kedekatan hati masing-masing kan? Duh betapa senengnya bisa ngumpul bareng.

5. Jangan Sungkan Untuk Saling Memuji

Meski sudah lama menjadi pasangan suami istri, tetap hidupkan romatisme ya mak. Hal yang kecil saja kadang membuat kita jadi seperti dihargai banget sama mas bojo. Misal saat kita memasak masakan kesukaan suami atau anak-anak, trus sebagai istri dan bunda dipuji karena masakan kita enak, pasti merasa senang dan bahagia bukan?

Saling memuji juga bagian dari romantisme berumah tangga lho mak. Hehe setuju gak? Apalagi suami bisa meluangkan waktu ngedate berdua tanpa anak-anak. Hanya berdua saja jadi seperti mengingat saat masa pedekate atau pacaran dulu. Hmmm...so sweet yaa...


Nah itu salah lima tips untuk membuat rumah tangga kita adem dan ayem. Pasti masih ada lagi tips lainnya dari emak kan? Boleh tambahin ya mak biar kita bisa saling berbagi. Semoga kita dan pasangan serta anak-anak sehat dan bahagia dalam suasana kehangatan keluarga yang rukun selalu. Yukk tips emak yang lain apa nih, bagi  yahhh....

#Setip
#SetipEstrilookCommunity
#20tahunpernikahankami
#sayangspanjangmasa




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

62 Comments

  1. Balasan
    1. Hehe...ayo dong sayyy...insha allah disegerakan. Aamiin
      ..

      Hapus
  2. Wah MasyaAllah Bunda, Barakallah sudah 20 tahun. Sudah benar-benar merasakan manis dan pahit bersama-sama. Semoga langgeng selalu, menjadi panutan, dan tetap menginspirasi ya Bun

    Terima kasih tipsnya Bun. Agar saya yang baru 6 tahun menikah ini bisa mencontohnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...Semoga mba juga rukun sll sm pasangan ya mba..

      Hapus
  3. Sungkem sama senior nih. Hihi
    Saya sedang belajar untuk mengungkapkan perasaan sejujur-jujurnya nih Bund, karena pada awal nikah saya gak begitu terbuka soal perasaan sama suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling terbuka mba biar sama2 memahami dan pasangan tahu keinginan kita. Ya pelan-pelan belajar ya mb, smg smakin lbih baik ke depannya. Aamiin...

      Hapus
  4. Barakallahu fikumm. .
    Selamat ba erni, wah Kudu byk belajar nih dari ba erny. .usia pernikahan saya dengn suami br 11 thn, semoga langgeng dan terus bersama hingga ajal menjemput

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin samawa ya mba, sm2 bljr untuk kebaikn kita semua..

      Hapus
  5. Barakallah mba .. sudah lama sekali saya mesti banyak belajar nih usia pernikahan saya baru 3th

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mb mksh ya, 3 thn msh pengantin baru. Smg bahagia sll ya mb...

      Hapus
  6. Barakallah tuk Mba Eny sekeluarga. Semoga samawa selalu dan anak-anak tumbuh menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.

    BalasHapus
  7. Wow sudah duapuluhtahun usia pernikahan, masyaAllah. Barakallah mba, semoga semakin samawa... Ah, belajar banyak banget nih dari artikelnya, apalagi ini berdasarkan pengalaman ya mba, tidak sekedar teori. Terimakasih mba sudah berbagi tips kerennya... 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...mksh mba. Btw hidup itu diambil dr bnyk pnglmn mb, dri pnglmn tmn atau pribadi. Kita bisa ambil hikmahnya. Sayapun msh bljr mb...��

      Hapus
  8. Sihiii semoga langgeng dan bahagia ya bu

    BalasHapus
  9. happy wedding anniversary Mak, samwa dan langgeng selalu mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...mksh ya mb, doa yg sm bust mb juga

      Hapus
  10. Masya Allah, udah 20 tahun y mbk. Barakallah semoga bahagia. Trimkasih tips nya mbk. Banyak hal yg harus sya pelajari dr sini tentang hidup berumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mb...makasih ya mba, smg mb juga bhgia bersama kluarga.

      Hapus
  11. Barakallah ya mbak

    Semoga semakin sakinah mawaddah wa rohmah

    Semoga saya bisa meneladani mbak yang udah 20 tahun menikah, pasti sudah banyak pahit manis yang dilewati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...alhamdulillah mb..mksh ya smg mb juga mekewati smua suka duka bersama pasangn...

      Hapus
  12. Wah berarti aku masih seumur jagung yah bun. Bulan depan aku pas 3 tahun pernikahan ga kerasa. Aku mau tambahin bun jangan lupa bilang I Love U setiap ada kesempatan hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi betul mb...I Love You...pemanis hari-hari itu, hehe..
      Smg mb juga bisa samawa...

      Hapus
  13. Selamat mb..sudah menginjak ke-20 tahun usia pernikahannya. Langgeng terus ya..

    BalasHapus
  14. Barokalloh untuk usia pernikahan yang ke-20 ya mbak.
    Bismillah samawa till jannah.
    Btw suka dengan point ke-nya mbak.
    Saling memuji sebagai wujud saling menghargai dan menghormati ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...mksh mba Nanik...smg mb juga samawa bersama psngn...

      Hapus
  15. MasyaAllah, udah 20 tahun ya Mbak. saya baru seperempatnya Mbak dan Mas Bojo nya heheheh.
    Barakallah ya Mbak, moga langgeng selalu. makasih tipsnya lho Mbak.
    iyaah banget itu komunikasi kunci segalanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mksh ya mb ...smg mb n pasangn jg samawa...

      Hapus
  16. Wah mb...selamat sudah 2 dasawarsa. Semoga samara senantiasa. Terimakasih sharing2nya...

    BalasHapus
  17. Tahun ini usia pernikahanku baru masuk 2 tahun beda lebih dari 18 tahun ya dengan usia pernikahan mbak .

    Maa syaa Allah. Semoga usia pernikahan saya juga langgeng seperti mbak hingga ke jannah. In syaa Allah. Jazakillaah tips sudah berbagi tips berumah tangga ya mbak. Inspiratif sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...mkasih ya mba...smga mb rukun n bahagia bersm pasangn

      Hapus
  18. Selamat ya Mbak. Barakallah telah menjalani usia 20th pernikahan. Saya baru menuju 17 tahun 😊. Semoga selalu samawa.
    Btw... Sifat saling menghargai dan menjaga komunikasi memang sangat penting dalam berumah tangga. Tips yang bermanfaat mbak. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba, smg mb dan kluarga bhgia dan samawa bersama pasangn.

      Hapus
  19. Wah, sudah 20 tahun. Baarakallah nggih, Mbak. Semoga Samara hingga ke surga, aamiin.

    Tipsnya udah oke semua tuh. Apalagi, yak? Saling percaya pastinya, ya. Ini ala saya sih sebagai pejuang LDR. Kalau curigaan, bisa berabe urusannye, hehe...

    Trus juga tentang masalah finansial keluarga, harus diatur sebaik2nya agar gak menimbulkan konflik. Tdk sedikit kan rumah tangga kandas karena pasangan tidak/kurang bekerja sama dengan baik dlm hal finansial ini.

    Makasih tips-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb saling percaya bs juga jd tips hidup bhgia, krn tak dibayang2i oleh rasa cemburu klu LDM an kyk mb...hihi

      Hapus
  20. Masya Allah wes 20 tahun yo Mbak. Barokallah. Thanks juga atas share tips suksesnya.

    BalasHapus
  21. Makasih sharingnya mbak
    Menambah wawasan baru untuk lebih menghargai pasangan

    BalasHapus
  22. Mantap tipsnya. Semoga selalu sehat, bahagia dan semakin romantis di usia pernikahan yang ke 20 ini.

    BalasHapus
  23. Happy anniversary ya mbak.. semoga makin langgeng.
    Sepertinya saya harus lebih sering coba tips nomer lima.hehe..saat sudah lama serumah,malah jadi lupa penting nya kasih pujian

    BalasHapus
  24. Aamiiin alhamdulillah semoga samawa dunia akhirat sampai usia memisahkan

    BalasHapus
  25. Menerima kekurangan pasangan menjadi poin penting saya selama berumah tangga.
    BarokAllah Mbak Erni, 20 tahun itu cukup panjang, mulai mendewasa kalau dari sisi umur.
    Semoga samawa hingga akhir hayat, Mbak.

    BalasHapus
  26. Barakallah ... Selamat ulang tahun pernikahan, ya, Mak. Seneng banget liat romantismenya ��
    Makasih tips²nya

    BalasHapus
  27. Barakallah langgeng terus sampai akhir hayat. Aamiin

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Saya juga ingin langgeng...terimakasih sharingnya,,,jadi baperr

    BalasHapus
  30. Matur nuwun ilmunya mbak erny..itu yang sekarang kami lakukan, walaupun belum sepenuhnya kami lakukan. Yah, kami baru ajaran...

    BalasHapus
  31. Wuih! Dua dasawarsa? Tapi masih terlihat muda, euy.

    Semoga senantiasa dinaungi cintq Ilahi ya, Mbak, dieratkan tali cintanya hingga ke surga. Aamiin.

    BalasHapus
  32. Happy anniversary ya Mba Erny... semoga bahagia selalu sampai akhir.. Amin

    BalasHapus
  33. Barakallahu mb eni.. Semoga langgeng, bahagia dunia akhirat bersama keluarga tercinta

    BalasHapus
  34. Barakallahu mb ernyk.. Semoga langgeng, bahagia dunia akhirat bersama keluarga tercinta

    BalasHapus
  35. Barakallah mbak ernyk. Semoga sakinah mawadah dan selalu dalam lindinganNya. Amiin

    BalasHapus
  36. Tipsnya sangat membantu. Terkadang hal-hal sederhana kayak gini yg terlupakan.

    BalasHapus
  37. Barokalloh ... 20 tahun bukan waktu yang sebentar, tipsnya boleh dicontoh ya mbak, saya baru 15 tahun nih

    BalasHapus
  38. Hahaha, saling memuji ini lho yang kadang sulit diungkapkan. Kadang kalau suami muji yang enggak biasanya jadi berasa aneh, serasa diketawain, padahal itu benar..hahaha, jadi lucu

    BalasHapus
  39. Sangat menginspirasi mbak.
    Btw pingin juga tetap awet mufa dan tetap energik seperti mbak.
    Happy Anneversary Mbak Erny. ��

    BalasHapus
  40. Tipsnya sederhana, tapi applicable banget. Meskipun untuk itu perlu juga saling memberi contoh dalam mengaplikasikannya pada pasangan. Dalam hal memuji kami masih perlu saling belajar. Ya, biasanya kami lempeng aja dengan keberhasilan salah satunya,wkwkwk Masih terlalu ego sepertinya. Ya sudah, akan kumulai. Thanks ya Mbak.

    BalasHapus
  41. Masya Allah, sudah 20 tahun mengarungi bahtera pernikahan, semoga langeng dan bahagia hingga hingga akhir ya mbak,

    Makasih banget tips nya.

    BalasHapus
  42. Selamat mbak, semoga selalu langgeng ya...

    BalasHapus