Pantai Ngantep, Pantai Pilihan Buat Ngecamp

Januari 30, 2019

Pernahkah terlintas menikmati suasana pantai sambil ngecamp?  Nah di Malang, tepatnya di sekitar Jalur Lintas Selatan banyak berjejer pantai. Salah satu pantai yang recommended buat ngecamp adalah Pantai Ngantep.



Kalau ingin ke pantai Ngantep dari Kota Malang menuju arah selatan kota. Melewati jalur Bululawang - Gondanglegi - Bantur dengan jarak tempuh sekitar 72 km. Bila mengendarai roda 2 membutuhkan waktu sekitar 2 jam, sedangkan roda 4 kurang lebih 3 jam.
Untuk menuju Pantai Ngantep menempuh Jalur Lintas Selatan sekutar 20 menit. Jalannya mulus dan view disisi kanan kiri sangat menakjubkan. Hijau pepohonan dipadu dengan beberapa dataran tinggi disepanjang jalan. Disisi kanan jalan disambut pintu gapura tertulis "Selamat Datang di Pantai Ngantep".
Pantai Ngantep (dok.pribadi)
Dari gapura kita harus menempuh jarak sekitar 4 km dengan jalan yang menantang alias kurang mulus. Baru sekitar 200 meter sebelum masuk area pantai, jalan berupa paving block bisa kita lewati. HTM Pantai Ngantep 10 ribu, parkir roda 2 10rb dan 15 ribu untuk kendaraan roda 4.
Enam Fakta Pantai Nganteb 
Pantai Ngantep yang masuk wilayah Sukorejo, Tumpakrejo Kec Gedangan ini memiliki kelebihan yang menjadi daya tarik pengunjung. Apa saja fakta yang membetot perhatian wisatawan? Simak yaa...
1. Pantainya Landai
Pantai Ngantep memiliki area wisata yang cukup luas. Tempatnya yang landai menunjang pengunjung untuk bersantai sambil memandang laut lepas.
Pantainya landai (dok.pribadi)
Jarak antara bibir pantai dengan area pengunjung untuk duduk-duduk lumayan jauh sekitar 50 meter. Jadi cukup aman untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantainya.
2. Cocok untuk Ngecamp
Bagi pebgunjung yang suka menikmati suasana pantai di malam hari, bisa mendirikan tenda di lahan landai.
Area buat ngecamp (dok.pribadi)
Bila malam terdengar suara ombak pantai yang bergulung. Suaranya lumayan bergemuruh, padahal jaraknya lumayan jauh.
Saat langit tak mendung dan cuaca cerah, pengunjung yang ngecamp bisa menikmati langit yang berbintang. Wahh amazing banget. Sementara semilir angin pantai dan musik ombak berkejaran pun melengkapi suasana.
3. Pantai Berpasir Lembut
Pantai Ngantep memiliki pasir yang lembut dan berwarna agak terang. Saat kaki menapak terasa lembut dan cezzz. Kaki kita akan tenggelam dalam pasir. Konon itu menandakan kalau pantai ini masih alami dan belum begitu banysk dikunjungi wisatawan.
Terbukti Minggu pagi itu hanya beberapa orang yang datang berkunjung plus pengunjung yang ngecamp. Menurut petugas pantai, memang di hari Minggu Pantai Ngantep tidak selalu ramai. Namun kalau Minggu tanggal muda, pengunjung pantai lebih banyak dari biasanya.
Pasirnya lembut (dok.pribadi(
Hamparan pasir sepanjang 1 km berkilau saat diterpa sinar matahari pagi. Bila sepi pengunjung, Pantai Ngantep serasa milik pribadi....
4. Pantai Bertebing Tinggi
Disisi kanan pantai, penglihatan kita dibatasi oleh tebing tinggi yang menarik. Orang yang melihat fotonya tak menyangka kalau pantai ini ada di Malang. Hampir mirip-mirip dengan pantai di Bali karena viewnya yang cantik.
Tebing di Pantai Ngantep (dok.pribadi)
Tebing batu karang itu bagian bawahnya tergerus air. Tampak natural membentuk guratan-guratan seperti batu karang raksasa yang tinggi dan besar. Buat bernarsis ria ber-background tebing ini sangat apik view-nya
5. Ombaknya Besar
Bagi pengunjung dilarang untuk mandi di pantai ini karena ombaknya yang lumayan besar. Namun untuk berbasah-basah bisa bermain di bibir pantai.
Ombak Pantai Ngantep (dok.pribadi)
Untuk yang suka surfing sangat cocok dengan ombak pantai Ngantep yang besar. Selain itu juga bergelombang tinggi dengan buih yang putih. Menurut penjaga pantai, beberapa wisman dari AS, Inggris dan Auatralia pernah surfing di Pantai Ngantep.
 6. Ada Petilasan 
Tak jauh dari pos pantau pantai dan beberapa kios, ada tempat berundag dengan hiasan punakawan. Menurut penjaga pantai, tempat tersebut adalah petilasan dari sesepuh kampung wilayah pantai Ngantep.
Menuju petilasan (dok.pribadi)
Menaiki beberapa anak tangga tampak bangunan yang mirip pendopo. Warna merah yang mendominasi bangunan tersebut. Tak ada pengunjung pantai yang menyambangi tempat ini sehingga tampak sepi. Orang biasa menyebutnya panembahan Pantai Ngantep.
Panembahan Pantai Ngantep (dok.pribadi)
Bila berjalan ke sekitar bangunan sampai ke ujung, ternyata bertitik pada puncak tebing batu karang. Disana ditumbuhi banyak pepohonan dan terlihat sunyi. Sehingga terasa aura yang membuat merinding bulu kuduk. Tebing ini oleh penduduk sekitar biasa disebut Gunung Batok. Meski dinamakan gunung, tapi tingginya tidak lebih dari 100 meter.
Demikian enam fakta yang ada di Pantai Ngantep. Selain pantainya bersih dan masih alami, juga memesona. Nah, kapan nih kalian berkunjung ke pantai yang keren ini?


#ODOP
#EstrilookCommunity
#day 13

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 Comments

  1. Aku selalu suka pantai. Apalagi ini pasirnya terang. Btw...engga ada penginapankah?
    Makasih sharingnya...

    BalasHapus
  2. Sip aku tulis mba di wish destinasi malang aku hehe. Cuantik banget pantainya dan keidean untuk ngecamp seru juga belum pernah. Patut dicoba

    BalasHapus
  3. Ngantep... saya kok keseleo baca Ngliyep to, Mbak.
    Anak-anak saya suka ke pantai, tapi kalau ke pantai selatan sayanya yang takut karena ombaknya yang besar itu, Mbak. Mana bisa anak-anak saya tidak main air kalau ke pantai...

    BalasHapus
  4. Keren mbaa pantainya berpasir putih ya. Btw itu pendopo untuk apa y? Semedi atau bisa dipakai untuk gathering gitu?

    BalasHapus
  5. Masya Allah, keren banget pantainya,Mba. Duh, kalau saya ke tempat ini bakalan ga mau pulang. Keren abis sih...

    BalasHapus
  6. Keren memang yah Kota Malang, tidak hanya Batu malang ternyata pantainya juga recomended buat piknik liburan

    BalasHapus
  7. Duh, jadi kangen Ngantep. Masih tetap cantik seperti yang dulu. Iyes, ga boleh berenang kalo ke sana.
    Pantai ini sangat berkesan sampai-sampai tak jadikan salah satu setting di novel :)

    BalasHapus
  8. Wah seru juga ngecamp di pantai. Pantainya indah pula, bersih ya mbak?
    Btw serem juga pentilasannya kaya sepi banget mbak. Apakah itu tempat untuk kegiatan adat istiadat ya mbak?

    BalasHapus
  9. Pantai yang bersih..suara ombak, enggak banyak orang..cocok banget buat camping yaa..banyak yang belum tahu atau gimana ya kok masih sepi pengunjungnya., mbak Erny.Hmm..mungkin akses jalan yang 4 km belim mulus ini yang harus diperbaiki

    BalasHapus